3:21 PM
0

Apakah Anda berencana malakukan perjalanan dalam beberapa hari kedepan? Naik burung besi, nyaman dan cepat tapi harganya ckckckck mahal banget. Naik ular besi, udah tinggal 2 minggu lagi mau beli tiket ular besi, ngarep itu sih ya udah abis dari kapan tau. ya udah terpaksa naik bis lagi. Kalo saya sih emang seneng banget naik bis, emang udah hobi dari kecil :D, dari seluruh sarana transportasi yang udah pernah saya naikin mulai dari udara, laut dan darat ya hanya bis yang paling asik (ini penilaian pribadi ya dan sangat-sangat subjektif :D)

Saya punya tips bagaimana caranya agar perjalanan naik bis itu nyaman dan aman berdasarkan pengalaman pribadi. 







Mendapatkan tiket bis:
  1. Tentukan tujuan perjalanan Anda terlebih dahulu (ya iyalah berabe kalo pergi gapunya tujuan ga sampe-sampe nanti hahahaha)
  2. Cari tau bis apa saja yang tujuanya sesuai dengan tujuan Anda agar tidak salah naik bis, kalau Anda tidak tau usahakan bertanya ke teman atau kerabat yang sudah pernah naik bis ke daerah tersebut dan jangan segan-segan bertanya ke orang yang anda deteksi sebagai Bismania, hahaha karna mereka akan panjang lebar menjawab pertanyaan Anda
  3. Dari beberapa bis yang tujuan sesuai dengan daerah tujuan Anda maka pilihlah sala satu bis dan kelas bis yang sesuai dengan keinginan dan keuangan Anda
  4. Kalau Anda jarang berpergian menggunakan bis, usahakan membeli tiket jangan di terminal tetapi di agen-agen bus ataupun kantor-kantor perwakilan bis
  5. Saat memesan tiket pada petugas pastikan dengan detail tujuan dan kelas armada yang Anda inginkan, karena satu po bis terkadang mempunya banyak jurusan dan kelas bis yang berbeda. Dan perhatikan fasilitas yang Anda dapatkan (beberapa bis menyediakan bantal, selimut, snak dan kupon makan, ini tergantung dari kelas dan po bis yang Anda pilih)
  6. Perhatikan tanggal keberangkan dan jam yang tertera di tiket. Biasanay penumpang akan diminta datang 30 menit sebelum jam keberangkatan yang ditentukan
Jika Anda terpaksa membeli tiket bis di terminal: (aduh banyak calo nya gak ya.......)
  1. Langsung menuju loket bis tujuan Anda, cika ada calo yang mendekati berikan senyum ramah dan jawaban singkat "Saya sudah langganan po tersebut dan sudah biasa beli di agen itu"
  2. Jika belum tau mau naik bis apa atau posisi agennya dimana dan dihampiri calo, mungkin ini beberapa cara yang ampuh
  • jawab dengan ramah dan tegas "Tiketnya sudah dibelikan teman, tiketnya dibawa dia ini janjian di tempat tunggu penumpang" nah sambil Anda menunggu perhatikan baik-baik lokasi loket dan tentukan dengan segera bis apa yang ingin Anda naiki (pilihlah loket yang penjaganya memakai seragam po bis yang sesuai dengan papan po bis yang dipasang di loket tersebut)
  • jika tidak membawa barang banyak bilang saja "Mau foto-foto bis pak" atau "Mau ketemu pak x sopir/kernet bis po x ngambil titipan barang dari kampung"
  • bawa tiket bis bekas yang masih terlihat baru (tidak lecek atau robek) "Saya mau naik bis x" (sesuai dengan tiket yang Anda bawa sambil menunjukkan tiket tersebut)
  • usahakan jangan menampilkan mimik bingung atau takut, PD saja dan sopan dengan calo-calo tersebut
Untuk Anda yang tinggal di Jakarta terminal Pulogadung dan Lebak Bulus calo-calonya sangat memaksa dan galak (jika jarang naik bis usahakan hindari naik terminal ini). Terminal Rawamangun cukup bersahabat bagi penumpang calonya tidak banyak dan tidak memaksa, Anda akan lebih leluasa memilih bis di terminal ini.

Persiapan keberangkatan:
  1. Pisahkan pakaian dan barang sejenisnya kedalam satu tas, jika tasnya cukup besar rencanakan untuk dimasukkan dibagasi bawah bus dan biarkan asisten driver yang memasukkanya agar dia ingat tas tersebut milik Anda (bagasi kabin yang ada di atas kepala Anda spacenya kecil jadi kalau membawa tas yang besar ga akan muat)
  2. Bawalah tas kecil untuk menyimpan barang-barang berharga, pegang terus tas itu dan taruh dipangkuan saat Anda berada didalam bis (jangan ditaro dibagasi atas ataupun dibawah jok)
  3. Bawalah snack dan minuman secukupnya untuk mengganjal perut sampai dengan istirahat di rumah makan (ada bis yang memberikan snack dan minuman gratis sebagai pelayanan)
  4. Datanglah ke tempat yang sudah ditentukan sesuai dengan yang tertera ditiket dan usahakan tepat waktu (biasanya disuruh datang 30 menit lebih awal) biarlah datang lebih awal daripada ketinggal bis hehehehe
  5. Jika sudah berada di kabin bis bilanglah kepada asisten driver Anda ingin turun dimana, agar Anda diingatkan kalau sudah hampir sampai dengan tempat pemberhentian Anda
  6. Jika merasa ragu janganlah menerima minuman atau makanan dari penumpang seperjalanan dengan tolakan yang halus
  7. Jika tidak mendapatkan kupon makan perhatikan harga yang diberikan rumah makan tersebut (biasanya harganya gak manusiawi, mahal) kalau mau aman beli saja mie dalam kemasan p*p m*e harganya cukup standar
  8. Manfaatkan fasilitas bis yang disediakan untuk Anda (jika ada selimut, bantal, kursi reclaining seat, sandaran kaki, kalau tidak ada ya syukuri saja :P)
  9. Jika terdapat toilet didalam bis yang Anda naiki, ingat, toilet bis hanya diperuntukkan untuk 'bak' saja bukan untuk 'bab'
Selamat menikmati perjalan Anda dengan benda kotak persegi panjang :D

0 comments:

Post a Comment