4:22 PM
Kami memilih Hotel Dalu untuk tempat kami beristirahat pada perjalanan kami ke Semarang selama 4 hari 3 malam, 9 - 12 Mei 2013. Awalnya kami cukup kesulitan mencari hotel pada tanggal-tanggal tersebut karna bertepatan pada liburan long week end. Tujuan perjalanan kali ini sangat-sangat lengkap, selain berlibur, pada tanggal 10 dan 11 saya harus berada di Surabaya karna urusan pekerja dan pada tanggal 12 Mei kami akan menghadiri pesta perkawinan saudara sepupu didaerah Pudakpayung, Ungaran.

Maka pilihan hotel haruslah dekat dengan pintu tol yang ada di wiliyah Semarang untuk memudahkan mobilitas saya pulang pergi ke Banda Ahmad Yani Semarang dan juga ke Pudakpayung wilayah Srondol. Cari-cari hotel akhirnya menentukan Dalu Hotel karna yang letaknya sangat dekat dengan gerbang tol Manyaran, hotel berbintang 2 ini terletak di Kl. Majapahit No 282 Semarang, boking hotel untuk 3 malam dengan tarif 325.000,- / malam. Telpon langsung ke hotel untuk boking tetapi karena termasuk long wekend jadi harus melakukan pembayaran minimal untuk satu malam terlebih dahulu dan hanya bisa ke rekening BII, kesan pertama cukup ribet dan nyusahin tapi karena butuh dan memang sudah banyak hotel yang penuh pada tanggal-tanggal tersebut, ya sudah lah langsung saya bayar lunas saja walaupun merepotkan harus transfer dan fax bukti transfernya.

Satu yang membuat nilai tambah hotel ini adalah free penjemputan dan pengantaran ke bandara atau stasiun, wah lumayan nih ngirit biaya taksi. Kesan awal saat cekin ternyata bangunanya tidak semegah seperti foto pada websitenya tetapi petugasnya sangat ramah. Sore hari langsung jalan-jalan ke pusat simpang lima, niat awal mau naik blue bird dari hotel (kalau pesan taksi ke hotel ini pasti yang dipanggil blue bird) tapi ternyata ada angkutan kota yang langsung ke wilayah simpang lima, mobil carry dengan warna orange dan bagian bawah putih. Kapan lagi nih naik angkot di Semarang (padahal sih suapaya irit :D), cukup bayar 3000,-/kepala untuk jasa angkot selama 15 menit ke simpang lima (cepet kan jadi gak nyesel naik angkot hehe).

Berhubung saya tanggal 10 dan 11 harus ada di Surabaya dan keluar hotel masih gelap untuk mengejar wings air ham 6:15 dan kembali keesokan harinya dengan jadwal sampai di semarang jam 20:50, jadi yang benar-benar menilai fasilitas hotel ya istri saya sama jagoan kecil. Menurut pendapat pribadi saya dengan ukuran kamar sangat minimalis harga 325.000,- sudah termasuk mahal. (Harga pada Agustus 2013, harga sewaktu-waktu bisa berubah :D)

Berikut beberapa point pribadi dari saya dan istri (ini bersifat pribadi dan pasti berbeda untuk setiap orang) dan tidak bisa dijadikan sebagai patokan reverensi Anda, karna ini murni pendapat pribadi kami.
Nilai antara 1 sampai 10 dengan kriteria :

1. Proses pemesanan : 5 (rekening tujuan hanya BII tidak ada pilihan bank lain)
  2. Fasilitas jemput - antar : 10 (free jemput antar dari dan ke bandara / stasiun)
  3. Keramahan petugas hotel : 9 (ramah dan murah senyum)
  4. Fasilitas kamar : 6 (kamar sangat minimalis, tv cukup kecil, air panas kurang terasa)
  5. Kebersihan : 6 (petugas kebersihan kurang bersih dalam merapikan kamar, terutama area kamar mandi)
  6. Fasilitas breakfast : 5 (menunya sedikit dan rasanya kurang, palayan tidak mengambil piring dan gelas kotor dari maja)
  7. Harga : 7 (cukup mahal bila dibandingkan dengan fasilitas yang ada, hal yang menjadi nilai tambah ada pada point 2)
  8. Lokasi : 8 (dekat dengan pintu tol dan tempat-tempat ramai)

Total nilai : 56 : 8 = 7

Kesimpulan :
Untuk hotel sekelas bintang 2 pelayanan yang berikan kurang sesuai dengan harga yang diberikan, kecuali untuk poin nomor 2.